PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN JIWA MANUSIA


Pertumbuhan
1.       Pertumbuhan adalah proses perubahan fisiologis yang bersifat kuantitatif dan berlangsung pada periode-periode tertentu.
  1. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan :
  1. Faktor heriditas
  2. Lingkungan
  3. Psikologis
Perkembangan
1.       Perkembangan (Monks, dkk, 2000) adalah suatu proses ke arah yang lebih sempurna sifatnya tetap, terus menerus dan tidak dapat terulang kembali.
  1. Perkembangan juga dapat dijelaskan sebagai serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat proses kematangan dan pengalaman.
  2. Teori-teori perkembangan
  1. Teori psikodinamik
Teori psikodinamik adalah teori yang berupaya menjelaskan hakikat dan perkembangan kepribadian. Unsur-unsur yang sangat diutamakan dalam teori ini adalah motivasi, emosi, dan aspek-aspek internal lainnya.(Tokoh : Sigmund Freud dan Erik Erikson)
b.      Teori kognitif
Teori kognitif adalah teori yang berasumsi bahwa kemampuan kognitif merupakan sesuatu yang fundamental dan yang membimbing tingkah laku individu. (Tokoh : Piaget)
c.       Teori kontekstual
Teori kontekstual adalah teori yang memandang perkembangan sebagai proses yang terbentuk dari transaksi timbal balik antara individu dan konteks perkembangan sistem fisik, sosial, kultural dan historis dimana interaksi tersebut terjadi.
Meliputi teori etologis dan ekologis
d.      Teori behavior dan belajar sosial
Teori ini menegaskan bahwa dalam mempelajari individu, yang seharusnya dilakukan adalah menguji dan mengamati perilakunya dan bukan mengamati kegiatan bagian dalam tubuh. (Tokoh : Ivan Pavlov, B.F. Skinner, Albert Bandura )
Karakteristik Dasar Perkembangan
          Perkembangan adalah kekal “Life-long” – sepanjang hidup à Tidak ada periode usia yang mendominasi perkembangan
          Perkembangan adalah multidimentional à meliputi dimensi biologis/fisik, kognitif/intelektual, sosioemosional /sosiopersonality
          Perkembangan bersifat multidirectional à suatu dimensi akan meningkat seiring dengan pertumbuhannya
          Perkembangan bersifat lentur “plastisà sifatnya luwes, fleksibel tergantung pd kondisi kehidupan individu
Aspek-aspek Perkembangan
          Perkembangan Fisik
Perubahan fisik, otak, kapasitas sensoris dan kemampuan motoris
Pengaruhnya jelas pd intelektual kepribadannya
          Perkembangan Kognitif (Intelektual)
Perubhn dlm hal kemampuan mental : belajar, ingatan, penalaran, berbahasa
Terkait/tergantung pd perkembangan fisik dan emosi
          Perkembangan Socio-Personality
 Personality adl ke-khas-an individu dlm menghdpi lingkungannya dan dlm mengekspresikan emosi
 Kedua hal tsb dipenaruhi oleh fungsi aspek fisik dan kognitifnya
          Tahap-Tahap Perkembangan menurut beberapa tokoh
  1. Psikoanalisis (Freud)
          Struktur kepribadian : id, ego, super ego
          Kebanyakan pemikiran anak tidak disadari
          Individu melalui 5 tahap perkembangan psikoseksual, yaitu :
  1. oral (0-18 bulan) : mulut
  2. anal (18 bln-4 th) : anus
  3. phalic (4-7 th) : alat kelamin
  4. Laten (7-12 th)
  5. Genital (mulai saat pubertas)
  1. Psikososial (Erikson)
          Menekankan pada 8 tahap perkembangan psikososial :
1)      Trust vs Mistrust (0-1 tahun)
2)      Autonomy vs shame and doubt (1-3 tahun)
3)      Initiative vs Guilty (3-5 tahun/pra sekolah)
4)      Industry vs Inferiority (6-11 tahun/masa sekolah)
5)      Identity vs Identity Confusion (12-18 tahun/remaja)
6)      Intimacy vs Isolation (18-40 tahun/dewasa awal)
7)      Generativity vs stagnan (40-60 tahun/dewasa tengah)
8)      Ego integrity vs despair (60 tahun/dewasa akhir)
  1. Teori Kognitif (Piaget)
          Individu termotivasi untuk memahami dunia, dengan menggunakan proses pengorganisasian dan penyesuaian diri (asimilasi dan akomodasi)
          Individu melalui 4 tahap perkembangan kognitif, yaitu :
1)      Sensori motor (0-2th)
2)      Pra-operasional (2-7 th)
3)      Operasional konkrit (7-11th)
4)      Operasional formal (>11 th)
  1. Teori perilaku dan belajar sosial (Skinner & Bandura)
  1. Skinner
  • Pakar teori behaviorist (teori perilaku)
  • Perkembangan adalah perilaku yang diamati
  • Ditentukan atau dipengaruhi oleh adanya hadiah (reward) atau hukuman (punishment) di dalam lingkungan
  1. Bandura
  • Mengembangkan teori sosial learning (belajar sosial)
  • Lingkunagn adalah faktor penting yang mempengaruhi perilaku, meskipun proses kognitif juga tidak kalah pentingnya. Mns memiliki kemampuan untuk mengendalikan perilakunya sendiri
  1. Teori Etologis (Konrad Lorenz)
          Etologi menekankan landasan biologis dan evolusioner perkembangan
          Penanaman (imprinting) dan periode penting (critical period) merupakan konsep kunci
Untuk melihat